Prinsip Usability
• Human Ability
• Human Capabilities
• Memori
• Proses
• Observations
• Problem Solving
Pengertian Usability Usability
berasal dari kata usable yang berarti dapat digunakan dengan baik. Usability
sendiri lebih tepat dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari
sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat
kenyamanan pemakaiaan dari sisi pengguna. Definisi dari usability sendiri
menurut ISO (inter nasional Standart Organization) adalah efektivitas,
efisiensi dan kepuasan dengan yang satu set tertentu pengguna dapat mencapai
satu set tugas tertentu di lingkungan tertentu Pengertian Prinsip Usability
Pengertian Prinsip Usability pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer
adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem yang digunakan oleh pengguna.
Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh
pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaat secara maksimal.[1].
1.
HUMAN ABILITIES
Human Ability adalah merupakan suatu kemampuan manusia
untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Human ability terbagi menjadi 2,
yaitu :
Ø Good Ability
- Kapasitas Long Term
Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak
terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami
tinggi
- Mekanisme konsentrasi
powerful
- Pengenalan pola pikir
powerful
Ø Bad Ability
- Kapasitas Short Term
Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak
dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung
salah
- Proses yang lambat
2.
Human
Capabilities
Human Capabilities adalah kemampuan
yang dimiliki oleh manusia namun lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca
indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri. Selain itu juga terdapat
proses informasi dan sistem motor yang mendukung human capabilities. Setiap
manusia pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan penginderaan / sense.
a.Kemampuan Mata/Vision
·
Persepsi visual
--> ukuran & jarak penglihatan
·
Keterbatasan
visual --> kemampuan melihat warna, kemampuan melihat teks (membaca) Ketajaman,
pergerakan, dan sensitivitas
b. Kemapuan Telinga / Hearing
·
Mendengar
pitch/frekuensi suara
·
Mendengar
loudnes/amplitudo suara
·
Mendengar
timbre/tipe suara
c. Kemampuan Meraba / Touching
·
Thermocpetor :
respon suhu
·
Nociceptor :
tekanan keras peraba
·
Mechanoceptor :
tekanan lembut peraba
·
Proses yang
cenderung salah
·
Proses yang
lambat
d. Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari
3 sistem utama :
1. Perseptual
·
Menangani sensor dari luar
·
Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari indera
manusia
·
Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)
2. Kognitif : memproses hubungan keduanya
3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon
(pergerakan, kecepatan, kekuatan)
3. Memory
Sebagian besar aktivitas manusia bergantung pada
memori. Selain menyimpan paengetahuan faktual, memori manusia juha menyimpan
pengetahuan procedural.pengetahuan tersebut melakukan aktivitas secara
berulang, menggunakan bahasa, menggunakan informasi yang kita terima dari
indera, serta memberikan identitas pada manusia dengan menyimpan informasi
mengenai pengalaman masa lalu. Terdapat tiga jenis memori atau fungsi memori:
1.
Memori Sensor
2.
Memori Jangka
Pendek (STM)
3.
Memori Jangka
Panjang (LTM)
Ø MEMORI SENSOR
Memori sensor bekerja sebagai buffer yang menampung
masukan yang diterima dari panca indera manusia.
Ø MEMORI JANGKA PENDEK (STM)
Memori jangka pendek atau disebut sebagai memori kerja
mentimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada
saat kita sedang melakukan suatu pekerjaan.
Ø MEMORI JANGKA PANJANG (LTM)
Memori jangka panjang merupakan sumber daya
penyimpanan utama yang menyimpan informasi faktual, pengetahuan berdasarkan
eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur tingkah laku, dan sebagainya
atau bisa dikatakan menyimpan semu hal yang kita ketahui. Kapasitasnya lebih
besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih
lambat.
4.
Process
Proses adalah
keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan,
terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat
melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child
process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process).
5.
Observations
Observations merupakan pengamatan dimana orang lebih
focus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem
secara efektif. Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
Orang lebih kepada heuristic dapada algorithmic.
6.
Problem Solving
Jika penalaran merupakan mekanisme untuk menarik
kesimpulan atau informasi baru dari hal yang sudah diketahui, maka penyelesaian
masalah merupakan proses menemukan solusi suatu tugas dengan menggunakan
pengetahuan yang dimiliki.
Penyelesaian masalah pada manusia dikarakteristikkan
oleh kemampuan mengadaptasikan informasi dengan situasi yang baru. Terdapat
beberapa pandangan mengenai cara manusia menyelesaikan masalah. Gestalt memandang
bahwa proses pemecahan masalah melibatka penggunaan pengetahuan dan proses
mantal (insight). Teori problem space melihat bahwa pikiran manusia
adalah proses informasi yang terbatas.
Referensi
http://siposipo.blogspot.com/2010/03/prinsip-kemampuan-manusia-human-ability.html
http://devieafriani.blogspot.com/2010/12/prinsip-prinsip-usability.html
http://devieafriani.blogspot.com/2010/12/prinsip-prinsip-usability.html
0 komentar:
Posting Komentar